Peluang bisnis impor barang dari Cina
14/05/2016
Show all

Kiat Jitu dalam Memulai Bisnis Impor

ShippingBisnis impor jadi trend, karena bisnis ini bisa dijalankan secara perorangan dan tak harus memiliki tim. Selain itu, bisnis ini juga erat kaitannya dengan bisnis ecommerce yang kini semakin ketat dari segi persaingan.
Dengan membeli barang secara langsung dari China (importir langsung), keunggulan yang didapat adalah dari segi harga yang tentunya lebih murah ketimbang harga reseller. Alhasil, para importir ini sudah unggul dalam 1 hal di persaingan toko online yang semakin ketat.
Lalu, bagaimana cara memulai bisnis impor ini?
Banyaknya penjual online, membuat pembeli semakin ‘dimanjakan’. Para penjual berlomba-lomba membelikan servis terbaik, baik dari segi harga maupun pelayanan. Alhasil, pembeli bisa menentukan pilihan terbaik dalam membeli barang secara online.
Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli secara online, adalah faktor harga. Ketika barang yang dijual — sebut saja aksesoris gadget — maka banyak sekali toko online yang menjual produk tersebut. Pembeli pun tentu memilih toko yang memberikan harga paling murah, dari banyak pilihan yang ada.
Karena aksesoris gadget kebanyakannya merupakan barang impor, alhasil toko online yang sifatnya reseller, akan kalah dari toko online yang mengimpor langsung. Kekalahan yang dimaksud adalah dari segi harga, karena reseller telah melalui banyak ‘tangan’, sebelum barang dijual ke konsumen.
Berbicara tentang bisnis impor, bisnis ini tergolong dalam kategori bisnis yang menjanjikan — karena tidak banyak yang bisa menjalankan — lantaran mahalnya modal. Bahkan ilmu bisnis impor juga tidak banyak yang tahu, karena ilmu ini adalah ilmu yang sifatnya ‘premium’.
Bagi anda ingin mencoba bisnis impor, silahkan ikuti 3 langkah berikut ini.
 
  1. Siapkan modalnya
    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bisnis impor merupakan bisnis ‘big fish’ yang memerlukan modal besar. Hal itu dikarenakan dalam mengimpor barang, biasanya dilakukan dalam jumlah yang besar. Karena volume transaksi yang besar, alhasil anda harus siap memiliki modal yang besar. Belum lagi, biaya perjalanan untuk survey ke negara asal supplier, dan lain sebagainya yang menuntut anda untuk memiliki banyak modal.
  2. Kuasai ilmunya
    Ilmu bisnis impor mencakup cara memilih supplier, cara top-up mata uang, cara mengurus bea – cukai dan lain sebagainya. Ilmu ini hanya sedikit dikuasai oleh orang Indonesia, jadi masih belum ketat persaingannya.
  3. Segera Action
    Poin terakhir ini bisa anda lakukan apabila poin pertama dan kedua sudah terpenuhi. Apabila modal sudah ada, ilmu sudah ada — segeralah ACTION!! Jangan ragu apalagi takut, karena dalam berbisnis kita harus optimis — dan siap dengan segala kemungkinan!
    Bisnis impor memang salah satu cara yang ampuh dalam mengatasi persaingan dalam berjualan online. Setidaknya, anda bisa unggul dari segi harga ketimbang ribuan reseller di seluruh Indonesia. Selain itu, anda bisa menguasai pasar lokal di sekitar tempat tinggal anda, asalkan barang impor yang anda jual tidak dijual oleh penjual lainnya.
    Sekian dahulu tulisan singkat dari kami mengenai 3 langkah dalam memulai bisnis impor. Segeralah mulai bisnis anda apabila memenuhi syarat yang sudah dijelaskan di atas. Dan jangan lupa, harus fokus, tekun dan konsisten dalam menjalankan bisnis anda.
    Salam sukses!

Tinggalkan Balasan